Cara Menentukan Harga Sewa Rumah dengan Tepat

Cara menentukan harga sewa rumah yang nyaman dan layak huni memang sedang menarik untuk ditelusuri. Apalagi sekarang ini harga bahan bangunan melonjak sehingga sewa rumah menjadi alternatif bagi yang tabungannya belum cukup. Tak heran jika banyak keluarga yang memilih untuk menyewa rumah terlebih dahulu sambil menabung untuk membangun rumah pribadi.

Beberapa hal pun dipertimbangkan sebelum menyewa rumah. Mulai dari lokasi, fasilitas, kenyamanan, dan tentu harganya. Yang paling penting, harga sewa rumah tak boleh lebih besar daripada penghasilan Anda. Jika harga sewanya lebih besar, maka dikhawatirkan Anda tidak bisa melunasinya sehingga akan menyusahkan diri sendiri.

Selain itu, jika harganya terlalu besar maka Anda tidak bisa menabung untuk membangun atau membeli rumah sendiri. Oleh karena itu, sebelum menentukan rumah yang akan disewa, Anda harus menentukan harga sewa yang tepat dan sesuai dengan penghasilan.

Baca juga : Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Alasan Menentukan Harga Sewa Rumah

Bagi Anda yang sedang mencari hunian sewaan, pasti sangat penasaran dengan cara menentukan harga sewa rumah yang dihitung oleh pihak yang menyewakan. Untuk memastikan apakah harga yang diberikan oleh orang yang menyewakan tersebut sebanding dengan rumah yang diberikan maka Anda harus juga bisa menghitungnya sendiri. Biasanya harga sewa rumah bukan hanya dihitung berdasarkan tarif yang berlaku di sekitar rumah tersebut.

Selain mempertimbangkan biaya pembangunan, perlu diberikan harga tambahan untuk biaya perawatan dan administrasi perawatan. Pasalnya jika tidak diberi harga tambahan tersebut, maka pihak yang menyewakan kemungkinan akan mengalami kerugian. Orang yang menyewakan tentunya mereka akan mengusahakan yang terbaik untuk pelanggannya. Sehingga fasilitas yang diberikan pasti juga terbaik dan sesuai dengan harga sewa yang ditawarkan.

Cara Menentukan Harga Sewa Rumah

Sebenarnya cara untuk menentukan harga sewa rumah cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) atau harga pasaran yang berlaku di sekitar rumah tersebut dan juga PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Rumus yang digunakan untuk menentukan harga sewa rumah adalah sebagai berikut:

Harga sewa = Harga properti × capitalization rate

Nilai capitalization rate rata-rata per tahun adalah sekitar 3-5 persen. Misalnya pada saat membeli atau membangun rumah yang disewakan total biaya yang dihabiskan adalah senilai Rp 300.000.000 dan capitalization rate adalah 5 persen. Maka dapat dihitung sebagai berikut:

Harga sewa = Rp 300.000.000 × 5% = Rp 15.000.000 per tahun.

Baca juga : Tips Memilih Posisi Jendela

Nah, jika sudah mengetahui harga sewanya maka Anda perlu mempertimbangkan pengeluaran lainnya selama Anda tinggal di tempat tersebut. Dengan perhitungan yang tepat, maka tabungan Anda bisa cepat terkumpul untuk mendapatkan rumah yang baru. Namun, jika Anda memilih untuk menyewa rumah di lokasi yang strategis, maka Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, rumah yang dikelilingi dengan fasilitas publik harganya akan jauh lebih mahal.

Dapatkan Hunian Impian di Properti Pekanbaru!

Anda sedang mencari hunian untuk disewa atau untuk disewakan di kawasan Pekanbaru? Anda bisa berkunjung ke https://www.propertipekanbaru.com. Di situs tersebut Anda bisa menemukan hunian yang nyaman dengan berbagai harga atau bahkan membeli hunian baru untuk disewakan untuk menambah penghasilan. Jasa Properti Pekanbaru melakukan pemasaran secara online sehingga jangkauannya lebih luas di lokal Kota Pekanbaru.

Cara menentukan harga sewa rumah nya pun dilakukan secara transparan. Selain itu, Anda akan dibantu oleh tim yang handal agar produk yang disewakan bisa lebih mudah dijangkau pembeli. Jadi tunggu apalagi? Buruan kunjungi situsnya sekarang juga!

Satu pemikiran pada “Cara Menentukan Harga Sewa Rumah dengan Tepat”

Tinggalkan komentar