Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya adalah hal yang paling diperhitungkan oleh kebanyakan orang yang ingin membangun. Apakah Anda akhirnya memutuskan untuk membangun rumah  sendiri? Nah, ketika Anda ingin membangun rumah sendiri, artinya Anda harus tahu bahwa desain tersebut harus sempurna.

 Lagi pula, Anda telah memimpikan untuk memiliki rumah sendiri ini selama bertahun-tahun! Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengupayakan hal-hal terbaik untuk bisa mengusahakan rumah Anda kelak, termasuk dengan desainnya. Mungkin akan selalu sulit untuk memutuskan bagaimana tampilan rumah Anda, jika Anda bingung cobalah melihat beberapa desain rumah dengan 2 lantai ini.

Pilihan  Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya

Untuk membantu Anda sedikit mempersempit pencarian desain, berikut adalah 7 desain dengan tipe rumah 2 lantai untuk membantu Anda menemukan konsep rumah yang diinginkan. Semua  biaya bangunan didasarkan pada rata-rata bahan yang digunakan dan dapat sangat bervariasi dari satu kota, atau wilayah di Indonesia ke kota lainnya.

Desain Rumah 2 Lantai Tipe 36

Desain Rumah 2 Lantai Tipe 36
Desain Rumah 2 Lantai Tipe 36

Rumah modern 2 lantai memiliki ruang tamu dengan luas sekitar 2 x 3 meter. Terdapat 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang garasi, sehingga sangat cocok untuk keluarga kecil. Ada beberapa fitur khusus yang membedakan desain ini dari yang lain:

  • Dinding jendela yang membuat ruangan terlihat lebih luas
  • Pilar batu dekoratif di pintu masuk
  • Garasi yang bisa Anda ubah menjadi bengkel

Tipe 36  sendiri adalah desain rumah yang paling banyak disukai karena terlihat sederhana, cocok sekali untuk Anda yang memiliki 4-5 orang anggota keluarga. Apalagi biaya pembangunannya juga terbilang cukup terjangkau.

Meski sederhana, namun desain rumah bertipe 36 ini tetap mempunyai konsep yang modern. Jadi,  bisa dibilang rumah dengan tipe 36 memiliki konsep yang modern dan minimalis. Bagi Anda yang budgetnya ekonomis, maka desain satu ini adalah pilihan terbaik karena terjangkau dan cocok sekali untuk Anda dengan keluarga kecil.

Desain Rumah dengan 2 Lantai 45

Desain Rumah dengan 2 Lantai 45
Desain Rumah dengan 2 Lantai 45

Selanjutnya ada desain rumah berlantai 2 dengan konsep yang tidak kalah simplenya dengan tipe 36, yakni 45. Sesuai dengan nama tipenya, maka ukuran luas dari lantai utama yang ada di rumah ini adalah 45 m2.

Nah, pada bagian rumah atasnya bisa menyesuaikan budget karena memang luasnya tidak harus sama dengan yang ada di lantai bawah.

Walau desain pada tipe 45 ini berkonsep sederhana, namun rumah Anda nantinya tetap memberikan kesan yang interest, kok! Banyak orang yang menyukai rumah 2 lantai dengan tipe 45 ini. Kalau Anda memang suka dengan rumah berkonsep sederhana dan menarik desainnya, maka tipe 45 ini adalah pilihan yang dirasa paling tepat.

Konsep Rumah 2 Lantai dengan Ukuran 6×9

Konsep Rumah 2 Lantai dengan Ukuran 6×9
Konsep Rumah 2 Lantai dengan Ukuran 6×9

Nah, kalau Anda ingin membangun rumah 2 lantai dengan konsep yang sederhana namun berkesan mewah, maka ukuran 6 x 9 ini bisa menjadi alternatif Anda, kok! Desain rumah ini sebenarnya mengusung tema yang sederhana, hanya saja tampilan dari luarnya dibuat dengan kesan yang membuat orang merasa bahwa rumah terlihat mewah.

Nah, rumah berdesain sederhan dengan kesan mewah ini memiliki biaya yang terbilang cukup mahal dibandingkan dengan 2 konsep rumah sebelumnya. Anda yang ingin sekali merealisasikan konsep rumah 2 lantai sederhana berukuran 6 x 9, maka rencanakan dengan matang desain Anda, ya!

Baca juga : Desain Rumah Sederhana

Desain Rumah Berukuran 6 x 12 Dengan 2 Lantai

Desain Rumah Berukuran 6 x 12 Dengan 2 Lantai
Desain Rumah Berukuran 6 x 12 Dengan 2 Lantai

Mau rumah dengan kesan yang lebih mewah lagi? Anda bisa menggunakan desain rumah 6 x 12 satu ini. Dengan rumah berkonsep sederhana ini, Anda bisa mendapatkan bangunan yang terlihat elegan dan modern.

Anda hanya perlu mengoptimalkan konsep desain yang ada dengan menyiapkan anggaran. Tanpa anggaran yang cukup, maka desain rumah sederhana berkonsep elegan akan sulit untuk direalisasikan.

Nah, desain rumah 2 lantai berukuran 6×12 ini cocok sekali untuk dibuat dengan konsep tanpa sebuah dinding pembatas. Konsep ini lebih disukai karena membuat sebuah rumah jadi lebih lebih luas.

Kisaran Biaya Rumah dengan 2 Lantai

Sudah tahu desain apa saja yang cocok untuk rumah masa depan Anda ke depannya? Buat Anda yang ingin tahu seperti apa kisaran biaya untuk membangun sebuah rumah, berikut adalah rincian desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya :

  1. Luas bangunan rumah dengan kisaran luas 100 m², biaya yang diperlukan ada Rp 300 juta – Rp 350 juta
  2. Luas bangunan rumah berkisar 101- 300 m², membutuhkan dana sekitar Rp 325 juta – Rp 375 juta
  3. Bangunan dengan luas 301 m², maka dana yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 350 juta – Rp 400 juta

Material yang Dibutuhkan untuk Membuat Rumah

Kayu

Kayu menawarkan keuntungan alami yang luar biasa. Konstruksi kayu telah menjadi sumber utama bangunan untuk banyak rumah di daerah pedesaan. Kayu memiliki kekuatan tarik yang tinggi, ringan, dan dapat menopang dirinya sendiri. Kayu juga tahan listrik, sehingga lebih stabil dan aman.

Kayu juga menyerap suara, sehingga menjadi bahan yang bagus untuk kehidupan kota dan ruang kerja. Plus, kayu memberikan aroma segar dan penampilan estetika yang dapat meningkatkan nilai real estat Anda. Satu-satunya masalah dengan kayu adalah dapat mengakibatkan deforestasi karena penebangan pohon, mudah rusak, dan membutuhkan perawatan yang mahal.

Plastik

Plastik adalah bahan yang bagus untuk digunakan di rumah Anda. Ini terutama karena mereka dapat dicetak dalam bentuk atau bentuk apa pun, keras dan tahan panas, kebal terhadap kerusakan air, dan terjangkau. Namun masalah utamanya adalah tidak biodegradable, menyebabkan polusi, dan mudah terbakar.

Kaca

Kaca dapat memberikan tampilan yang elegan untuk setiap hunian perkotaan. Kaca  memberikan penampilan estetika yang luar biasa di eksterior, lebih banyak lampu, privasi, dan tahan UV. Sayangnya, bahan kaca mahal, membutuhkan perawatan yang tinggi, dan memiliki beberapa masalah keamanan.

Alumunium dan Baja

Aluminium dan baja memainkan peran besar dalam konstruksi rumah. Keduanya fleksibel dan tangguh, tahan api, dan tahan cuaca. Satu-satunya masalah alumunium dan baja adalah rentan terhadap karat, sulit untuk disegel bersama, dan sangat mahal.

Semen

Semen adalah untuk kekuatan dan ketahanan untuk setiap konstruksi rumah. Semen dapat membantu menumpuk untuk menyediakan sistem pemanasan dan pendinginan yang sangat baik. Material rumah satu ini kuat dan dapat dengan mudah diproduksi. Namun, ada beberapa masalah seperti jejak karbon yang tinggi, rawan retak, serta dapat menyedot kotoran dan kelembapan.

Beton

Beton adalah material yang sangat baik untuk membangun rumah. Beton merupakan fondasi yang tidak hanya bagus untuk rumah tapi juga bagi banyak waduk, pantai, jalan raya, dan struktur parkir. Beton kuat dan serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai struktur di rumah.

Sudah tahu seperti apa desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya kira-kira yang diperlukan untuk merealisasikannya? Anda bisa sesuaikan desain rumah yang diinginkan dengan budget yang dimiliki!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar