10 Inspirasi Desain Rumah Sederhana dan Keuntungan Memiliki Rumah Bermodel Ini

Desain rumah sederhana atau minimalis agaknya sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir ini. Di kalangan millennial, rumah dengan desain minimalis memang sangat digemari. Bahkan, kepopuleran rumah minimalis tak kalah dengan konsep rumah lainnya seperti rumah tumbuh ataupun rumah pintar. Rumah minimalis digemari karena dalam pembangunannya tidak memerlukan lahan yang luas dan biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat.

Tak ayal, rumah bergaya minimalis pun menjadi rumah idaman banyak keluarga di zaman sekarang ini. Selain membangun rumah minimalis dengan desain yang sudah ada, banyak juga yang menciptakan inovasi desain sendiri. Biasanya, mereka menyewa jasa arsitek atau memanfaatkan aplikasi desain rumah yang ada di internet. Dengan merencanakan desain sendiri, Anda pasti akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika rumah sudah selesai dibangun.

Coba Lihat! Inspirasi Desain Rumah Sederhana

Jika Anda termasuk orang yang memimpikan hunian minimalis, pasti sedari sekarang Anda sudah mulai mencari referensi desain yang cocok. Ada banyak sekali pilihan desain rumah minimalis yang bisa Anda adopsi untuk segera dibangun. Nah, berikut ini beberapa inspirasi desain rumah yang sederhana namun tetap terlihat keren dan mewah rekomendasi Properti Pekanbaru :

Rumah Sederhana 2 Lantai

Rumah Sederhana 2 Lantai
Rumah Sederhana 2 Lantai

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pembangunan yang murah menjadi salah satu referensi desain yang paling banyak dicari. Pasalnya, beberapa orang mungkin menginginkan rumah yang memiliki banyak ruang namun lahan yang ada tidak terlalu luas.

Dengan membangun rumah dua lantai, rumah sederhana yang dibangun di atas lahan yang pas-pasan bisa terlihat lebih mewah. Fungsi ruangan dari rumah yang memiliki dua lantai akan lebih optimal sehingga rumah terlihat lebih besar. Rumah sederhana dengan dua lantai juga dapat membuat halaman terlihat lebih luas.

Rumah Sederhana Flat Roof

Rumah Sederhana Flat Roof
Rumah Sederhana Flat Roof

Belakangan ini, rumah dengan model atap datar atau flat roof juga sedang sangat popular sebagai pilihan desain rumah industrial low budget. Dengan memilih atap bermodel datar, rumah akan terlihat lebih elegan meskipun memiliki desain yang sederhana. Atap datar juga bisa memberikan kesan minimalis sekaligus modern pada hunian Anda.

Biasanya, atap datar ini dibuat dari berbagai material, seperti pelat beton ataupun dak. Dua material tersebut merupakan yang paling populer karena dilengkapi dengan bahan pelapis anti-bocor. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika atap rumah akan bocor ketika sedang hujan.

Rumah Sederhana Desain Kayu

Rumah Sederhana Desain Kayu
Rumah Sederhana Desain Kayu

Kata siapa kalau rumah yang terbuat dari bahan kayu akan terkesan kuno? Nyatanya, Anda tetap bisa membuat desain rumah kayu modern mewah dengan konsep yang sederhana. Kayu sendiri merupakan material insulator alami yang cocok untuk dijadikan bahan bangunan.

Karena dapat mencegah pengantaran panas, suasana di dalam rumah berbahan kayu juga akan lebih adem. Selain itu, rumah sederhana berbahan kayu juga ramah lingkungan dan ekonomis. Pilihlah jenis kayu yang kokoh dan kuat agar bisa lebih tahan lama dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

Rumah Sederhana Type 36 Berbahan Kayu

Rumah Sederhana Type 36 Berbahan Kayu
Rumah Sederhana Type 36 Berbahan Kayu

Bagi yang hanya menyiapkan budget pas-pasan untuk pembangunan rumah, rumah kayu memang selalu menjadi pilihan yang tepat. Sederhana namun elegan merupakan kesan dari rumah yang terbuat dari kayu. Dengan memilih kayu sebagai bahan pembuatan rumah, pastinya biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat.

Terlebih jika Anda memilih desain rumah kayu minimalis type 36. Rumah type 36 ini sangat cocok untuk keluarga kecil yang memiliki satu atau dua anak. Sehingga, meskipun tidak besar akan tetapi tetap nyaman untuk keluarga.

Rumah Sederhana Type 36 yang Terlihat Luas

Rumah Sederhana Type 36 yang Terlihat Luas
Rumah Sederhana Type 36 yang Terlihat Luas

Rumah dengan type 36 biasanya terlihat kecil karena memang cocok untuk keluarga kecil. Namun, meskipun kecil bukan berarti Anda tidak bisa membuat Desain rumah type 36 agar terlihat luas. Anda bisa memilih jendela berukuran besar pada bagian depan rumah dan memadukannya dengan atap pelana untuk mendapatkan kesan yang lebih luas.

Agar lebih menarik, Anda juga bisa membuat dinding dari batu alam dan memilih cat rumah yang berwarna pastel. Dengan begitu, rumah type 36 tidak akan terlihat se mungil yang Anda bayangkan.

Rumah Type 45 dengan 3 Kamar

Rumah Type 45 dengan 3 Kamar
Rumah Type 45 dengan 3 Kamar

Jika mau rumah yang berukuran lebih besar daripada rumah type 36, rumah type 45 bisa menjadi pilihan yang tepat. Rumah type 45 ini biasanya memiliki 3 kamar tidur sehingga cocok untuk Anda yang sudah berpasangan dan sudah memiliki anak. Biasanya, rumah type 45 ini memiliki ukuran 6×7,5 m2 atau 8×5,6 m2 yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 96 m2.

Anda bisa membuat rumah type 45 bermodel monokrom dengan tembok berwarna putih dan atap berwarna hitam atau gelap. Desain rumah sederhana 3 kamar type 45 ini pada halamannya bisa Anda tanami pohon berukuran sedang dan beberapa tanaman hias.

Rumah Sederhana 6×9 2 Kamar

Rumah Sederhana 6x9 2 Kamar
Rumah Sederhana 6×9 2 Kamar

Desain rumah 6×9 2 kamar tidur juga bisa menjadi pilihan tepat bagi keluarga yang memiliki satu anak. Rumah berukuran 6×9 ini bisa memberikan kesan yang elite namun tetap mengusung konsep minimalis. Rumah berukuran 6×9 ini juga merupakan salah satu referensi desain rumah yang paling banyak dicari.

Biasanya, rumah berukuran 6×9 ini memiliki 3 kamar tidur, tetapi tak ada salahnya jika Anda hanya memerlukan 2 kamar tidur. Dengan hanya membuat 2 kamar tidur, maka Anda memanfaatkan space yang ada untuk ruangan lainnya atau membuat kamar lebih besar.

Rumah Sederhana 6×9 3 Kamar

Rumah Sederhana 6x9 3 Kamar
Rumah Sederhana 6×9 3 Kamar

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, rumah ukuran 6×9 biasanya memiliki 3 kamar tidur dalam satu lantai. Tetapi jika ingin membuat kamar yang berukuran besar, Anda bisa membuat desain rumah ukuran 6×9 3 kamar tidur yang berlantai dua. Dengan begitu, Anda juga bisa menambah beberapa ruang lagi untuk berbagai keperluan.

Hiasan batu alam pada dinding juga dapat Anda pilih agar rumah terkesan lebih modern. Untuk pilihan cat rumah, agaknya warna putih, gelap dan pastel merupakan pilihan yang paling tepat untuk menambah kesan minimalis pada rumah ini. Pada halaman depan, Anda bisa menambahkan taman kecil untuk mempercantik tampilan rumah.

Desain Rumah dengan Ukiran pada Dinding

Desain Rumah dengan Ukiran pada Dinding
Desain Rumah dengan Ukiran pada Dinding

Menambahkan ukiran pada bagian dinding bisa menjadi referensi desain rumah minimalis 6×12 tampak depan yang keren. Dengan ukuran yang cukup leluasa ini, Anda bisa membuat 3 sampai 4 kamar tidur di dalamnya. Hunian bermodel ini cocok untuk Anda yang gemar dengan segala hal yang bergaya etnik atau tradisional.

Ukiran pada dinding bagian depan bisa membuat rumah sederhana Anda tampak lebih elegan dan khas. Anda bisa menyesuaikan ukiran yang digunakan sesuai dengan keinginan, bisa ukiran khas Jawa, ukiran Melayu, atau ukiran khas daerah lainnya.

Rumah Sederhana Type 21 2 Lantai

Rumah Sederhana Type 21 2 Lantai
Rumah Sederhana Type 21 2 Lantai

Bagi Anda yang ingin mendapatkan desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya 100 juta, rumah type 21 bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena ukurannya sangat mungil, rumah type ini biasanya dibangun oleh orang yang tinggal sendiri atau pasangan yang belum memiliki anak. Biasanya rumah ini memiliki rumah hanya sekitar 21 m2 saja.

Rumah type 21 ini biasanya terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang multifungsi, dan 1 carport. Namun, jika Anda memilih membuat rumah type 21 dengan 2 lantai, Anda bisa menambah jumlah kamar atau ruangan lainnya. Dengan ukurannya yang kecil, Anda justru akan dimudahkan dalam mendesain interior dan eksterior rumah.

9 Keuntungan Membangun Desain Rumah Sederhana

Setelah menikah, mungkin salah satu keinginan Anda adalah memiliki rumah sendiri agar bisa tinggal berdua dengan pasangan saja. Pasalnya, biasanya tinggal bersama mertua juga membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak leluasa dalam beraktivitas. Sehingga, memiliki rumah sendiri walaupun sederhana setelah menikah adalah salah satu impian banyak orang. Bagi sebagian orang, rumah yang sederhana memang terasa lebih nyaman daripada rumah yang mewah dan besar. Memiliki rumah dengan desain yang sederhana rupanya juga memberikan beberapa keuntungan bagi pemiliknya, di antaranya adalah:

Mudah dan Cepat Dibersihkan

Desain rumah sederhana dan tidak terlalu besar pasti memiliki jumlah barang yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Berbeda dengan rumah besar yang biasanya jumlah barang yang ada di dalamnya juga relatif banyak karena menyesuaikan dengan tempatnya. Jika Anda memiliki rumah yang sederhana, Anda bisa membersihkan barang-barang atau perabot yang ada di dalam rumah dengan mudah.

Bahkan, untuk membersihkan rumah sederhana, Anda tak perlu meluangkan banyak waktu. Kalaupun Anda tak memiliki asisten rumah tangga, membersihkan rumah tidak akan menjadi sesuatu yang membebani. Jadi, meskipun Anda memiliki kesibukan yang cukup padat, membersihkan rumah sederhana tidak akan menguras tenaga dan menyita waktu Anda.

Bisa Terlihat Lebih Luas

Meskipun tidak terlalu luas, tetapi rumah yang kecil dan sederhana bisa tetap terlihat lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Kuncinya adalah Anda harus meletakkan perabot dengan jumlah yang tepat dan menatanya dengan rapi.

Pasalnya, memiliki perabot dengan jumlah yang terlalu banyak akan membuat ruangan di rumah terasa lebih sempit. Terlebih, jika penataan atau penempatan nya sebarangan. Oleh karena itu, belilah perabot yang secukupnya saja agar rumah bisa terlihat lebih luas.

Melatih Kreativitas untuk Mendekorasi

Seperti sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, rumah yang kecil bisa terlihat lebih luas jika ditata dengan baik. Hal ini tentu melatih pemiliknya untuk mendekorasi rumahnya semaksimal mungkin agar terlihat luas dengan hiasan atau dekorasi yang tetap sederhana. dekorasi untuk rumah bermodel minimalis pun juga sangat mudah didapatkan di berbagai toko.

Untuk menghias sederhana ini, Anda bisa memilih tema klasik atau vintage agar tidak terkesan berlebihan. Rumah sederhana ini menantang Anda untuk bisa tetap kreatif dalam mendekorasinya dan menciptakannya kenyamanan di dalamnya.

Suasananya Lebih Nyaman

Saat berkunjung ke rumah kerabat atau teman yang berdesain sederhana dan minimalis, pasti Anda akan merasa lebih nyaman. Pasalnya, rumah yang sederhana umumnya tidak memiliki kesan menyeramkan sebagaimana rumah yang besar.

Sehingga, suasana yang tercipta di dalamnya pun dijamin lebih nyaman. Apalagi rumah minimalis identik dengan warna cat berwarna cerah atau berwarna pastel yang nyaman dipandang. Perabotan yang ada di dalamnya juga cenderung banyak sehingga suasana nyamannya akan semakin terasa.

Cocok untuk Furniture Apapun

Rumah yang tidak terlalu besar justru sangat cocok untuk diberikan berbagai furniture atau hiasan supaya terlihat lebih menarik. Ruangan yang tidak terlalu luas justru membuatnya semakin simpel jika dikombinasikan dengan berbagai furniture dan hiasan lainnya.

Kalaupun Anda memilih furniture yang bertema mewah, pasti juga akan tetap cocok dengan desain rumah yang sederhana. Anda pun juga tidak perlu terlalu repot dalam mendesain interior rumah. Yang terpenting adalah tata letak dari furniture yang Anda pilih harus rapi dan pas sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

Hemat Pengeluaran

Tak dapat di pungkiri, bahwa rumah yang sederhana akan sangat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran. Karena, rumah yang sederhana tidak memerlukan perawatan yang mahal. Pengeluaran seperti air, listrik, ataupun dekorasi pastinya akan lebih murah daripada rumah mewah.

Memiliki rumah kecil juga memungkinkan Anda dan pasangan melakukan perawatan sendiri. Sehingga tidak perlu membayar asisten rumah tangga atau tukang kebun untuk membantu perawatan rumah.

Meluangkan Waktu Lebih Banyak dengan Keluarga

Dengan memiliki rumah yang sederhana, kita jadi tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah. Apalagi jika seluruh anggota keluarga bersedia untuk bekerja sama membersihkan dan menata rumah.

Pekerjaan akan lebih cepat selesai, Anda dan keluarga pun bisa memiliki lebih banyak waktu luang. Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk pergi berlibur bersama dengan keluarga. Saat liburan pun pikiran juga jauh lebih tenang karena semua pekerjaan sudah beres.

Membuat Kualitas Hidup Menjadi Lebih Baik

Rumah yang sederhana secara tidak langsung juga akan menciptakan gaya hidup yang sederhana. Dengan gaya hidup yang sederhana, pikiran juga terasa lebih tenang dan damai. Pasalnya, Anda tak perlu memikirkan barang-barang yang ada di rumah ketika Anda bepergian jauh untuk keperluan liburan atau pekerjaan.

Selain itu, gaya hidup yang sederhana juga memungkinkan kita untuk bisa menabung demi keperluan lainnya seperti pendidikan anak atau untuk mempersiapkan dana darurat. Sebaliknya, jika kita memiliki gaya hidup yang mewah bisa jadi pikiran kita tidak tenang saat sedang bepergian jauh.

Kita justru memikirkan apakah barang-barang mahal yang ada di rumah akan aman atau tidak. Selain itu, memiliki gaya hidup yang mewah juga membuat kita terus-terusan ingin belanja dan membeli barang yang sebenarnya tidak perlu. Sehingga, tidak sempat memikirkan untuk menabung atau memiliki dana darurat.

Rumah Sederhana Bisa Menjadi Investasi

Jika Anda berencana membangun rumah untuk ditempati sementara atau sering berpindah tempat tinggal, rumah sederhana adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan rumah sederhana ini menjadi salah satu investasi yang menguntungkan.

Pasalnya, rumah sederhana memerlukan biaya pembangunan dan perawatan yang murah. Sehingga saat dijual pastinya harganya tidak akan terlalu tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah menjual rumah dengan menawarkan harga yang bersahabat.

Jika Anda sedang bingung mencari ide desain rumah yang keren, 10 inspirasi desain rumah sederhana di atas bisa dijadikan pilihan. Untuk membangun salah satu rumah dari inspirasi desain di atas, dijamin tidak akan membebani finansial Anda. Jika pun Anda kurang cocok dengan pilihan desain yang ada di atas, Anda bisa mengombinasikan lebih dari dua desain agar rumah yang dibangun bisa benar-benar sesuai dengan keinginan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar